Senin, 05 Mei 2014

Warty Newt si amphibi berjambul

Warty Newt : Triturus cristatus


rose

Kadal jambul berkutil ini hanya hidup di Eropa. Betina, yang lebih besar dari jantan, bisa mencapai 7 inci (18 cm) panjangnya, hewan ini juga gemuk, yang menjadikannya kadal air terbesar di benua itu.
Sesuai dengan namanya, kadal ini memiliki benjolan benjolan kecil serupa kutil di tubuhnya. Kulit mengandung kelenjar yang mengeluarkan, susu berbau tajam untuk menghalangi predator.
Kadal air ini umumnya berwarna gelap di atas dan di bawahnya berwarna oranye atau kuning dengan bintik-bintik hitam. Mereka juga memiliki bintik bintik putih pada sisi mereka dan ekor.
Kadal air Warty aktif di malam hari ia memangsa cacing, siput, dan serangga di darat, dan berudu dan moluska di dalam air. Mereka lebih sering ke daratan daripada kadal air lainnya yang menghabiskan banyak waktu di air, namun mereka juga harus tetap dekat dengan air untuk menjaga kelembapan tubuh.
Kadal air ini menghabiskan sebagian besar hidup mereka dalam hibernasi, biasanya dari sekitar Oktober-Maret setiap tahun. Pada suatu malam hujan di bulan Maret, mereka membangkitkan dan perjalanan kembali ke kolam di mana mereka menetas untuk kawin.
Betina dapat menghasilkan 200-300 telur, tetapi hanya sekitar setengah yang berkembang menjadi berudu. Berudu muncul dari telur mereka dalam waktu sekitar 21 hari dan memakan serangga kecil seperti kutu air dan cacing kecil. Kadal air berkutil hidup sampai lebih dari 16 tahun. Seperti semua kadal air, mereka bisa menumbuhkan kembali bagian tubuh jika diperlukan, tapi hal ini dapat mengurangi usia mereka.
Populasi mereka saat ini menurun drastis dan di anggap spesies yang hamper punag. Mereka dan habitat mereka dilindungi di bawah hukum Eropa.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons