Senin, 05 Mei 2014

VIPER GABON ular berbisa AFRIKA

Gabon Viper (Bitis gabonica)


Bentuk tubuh tebal padat, kepala segitiga berukuran besar. Warna dasar sisik-sisiknya coklat muda, warna coklat kekuningan sampai coklat tua membentuk pola-pola geometris nampak sangat indah. Di bagian punggung terdapat pola warna coklat kekuningan membentuk empat persegi panjang, warna seperti ini juga pada kepala bagian dorsal sehingga nampak seperti daun kering. Mata kecil dengan pupil berwarna hitam vertikal. Ukuran panjang yang dapat dicapai 1,2-2 m.c 
viper gabon Merupakan jenis ular nokturnal, berperilaku tenang dan pergerakaannya lamban. Melakukan penyergapan terhadap mangsanya membutuhkan waktu yang lama, namun jarang buruannya terlepas.
Ular jenis ini melakukakan perkawinan pada bulan Mei hingga pertengahan juli, pembuahaan yang berhasil maka betina akan mengerami telurnya di dalam perut selama 81-85 hari dan telur menetas di dalam perut dan dilahirkan 8-43 ekor anakan. Anakan yang baru dilahirkan rata-rata mempunyai panjang 32 cm.
 Jenis pakan yang disukai yaitu burung dan mamalia antara lain tikus, tupai  dan kelinci. Namun ular ini juga mampu memangsa kera, porpusin dan antilop. Di Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka diberi pakan tikus.
Hutan hujan tropik, hutan tanaman. Tersebar di Afrika bagian selatan seperti Ghana, Nigeria, Kameron, Uganda, Kenya dll.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons