Senin, 05 Mei 2014

Perbedaan tawon dan lebah

Banyak orang menyangka tawon dan lebah sama, bahkan keduanya dianggap menghasilkan madu. Padahal, tidak. Walau bentuk dan perilakunya terlihat mirip, tawon (wasp) dan lebah (bee) adalah jenis serangga yang berbeda. Bila kita perhatikan, bentuk tubuh keduanya saja beda. Umumnya tawon kelihatan ramping dibanding lebah yang lebih gemuk. Namun, dari ukuran tubuh, tawon lebih besar daripada lebah, terutama lebah madu. Pada tubuh bagian atas (thorax) tawon, sedikit sekali ditumbuhi rambut halus. Sementara pada lebah, banyak ditumbuhi rambut. Perbedaan fisik lainnya terletak pada kaki. Meski jumlahnya sama, tiga pasang, kaki belakang lebah lebih besar dan pipih di banding kaki depannya. Sedangkan kaki tawon, ukurannya sama.

Tawon dan lebah memiliki sengat pada bagian tubuh paling bawah yang digunakan untuk mempertahankan diri. Sengat pada tawon tidak bergerigi sehingga bisa dicabut setelah ditancapkan pada sasaran dan digunakan kembali pada kesempatan lain. Setelah menyengat, tawon tetap hidup. Sedangkan sengat lebah yang ditancapkan akan tersangkut dan tertinggal pada sasaran. Bersama itu pula tercabut kantung sengatnya. Tak lama setelah itu lebah pun mati.
Perbedaan tawon dan lebah terlihat juga dari perilakunya. Makanan lebah adalah nektar (sari bunga) dan pollen (serbuk sari).
Makanya, lebah bisa menghasilkan madu yang manis. Sedangkan tawon, selain memakan buah dan sari bunga, sebagian dari mereka juga memakan serangga lainnya. Lebih khusus lagi, larva atau bayi tawon yang baru menetas bahkan hanya memakan hewan lain, seperti kutu daun, serangga, kepompong serangga lain, dan sebagainya.
Tawon dewasa menyediakan makanan itu di dekat larva hingga larva tawon yang buta dan belum berkaki ini bisa mengonsumsinya dengan menghisap cairan dari hewan yang sudah dilumpuhkan itu. Sementara larva lebah diberi makan serbuk sari dan nektar, sebagaimana lebah dewasa.
Wah, ternyata tawon dan lebah punya keunikan masing-masing. Subhanallah, Mahateliti Allah yang menciptakan setiap makhluknya berbeda satu sama lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons